Thursday, November 1, 2012

Karangan bersifat induktif


Di lingkungan kita banyak sampah yang tidak pada tempatnya. Fenomena ini bukan hanya kita jumpai di lingkungan sekitar kita saja, tapi fenomena ini sudah banyak tersebar di daerah-daerah lain, hampir di seluruh Indonesia. Bahkan di ibukota Jakarta sendiri sampah-sampah sudah merajalela, sehingga sampah merupakan benda yang sangat mudah dijumpai di Indonesia khususnya di Jakarta. Oleh karena itu jakarta sering terjadi bencana banjir yang sangat merugikan masyarakat. Akibatnya, di mata Dunia Indonesia merupakan salah satu negara yang kurang peduli pada kebersihan lingkungan.
Sampah yang tidak pada tempatnya akan mencemarkan lingkungan, bahkan sampah yang menumpuk dapat menyebabkan banjir sehingga menimbulkan berbagai macam penyakit dan kerugian lain, serta dapat merusak ekosistem. Akibatnya sampah yang tidak dikelola secara baik dapat merusak kesehatan.
Sebagaimana yang orang tahu banjir tidak hanya dapat menimbulkan penyakit tetapi juga merusak atau menghilangkan harta benda mereka. Seperti terhanyut, tertimbun lumpur banjir, dijarah orang yang tidak bertanggungjawab, dan lain-lain. Jadi tidak hanya dapat merusak kesehatan, masalah-masalah yang disebabkan oleh sampah juga akan menyebabkan kerugian materi.
Padahal untuk mencegah rusaknya lingkungan karena sampah masyarakat hanya perlu membuang sampah pada tempatnya. Selain itu dengan cara membersihkan lingkungan sekitarnya seperti membersihkan saluran air, menyortir sampah dari yang organik dan non organik. Sayangnya masih kurangnya kepedulian masyarakat tentang kebersihan lingkungan.

sumber : http://cap-cip-cupzz.blogspot.com/2010/04/paragraf-induktif-tugas-bindonesia-2.html

1 comment: