Wednesday, November 3, 2010

Proses pemasaran dan peilaku konsumen


Tujuan kegiatan pemasaran bukanlah sederhana dan sepihak, tetapi tujuannya adalah demi kepentingan perusahaan juga. Secara umum pengertian pemasaran adalah kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit/non profit) guna memenuhi kebutuhan pasardengan barang/jasa, menetapkan harga, mendistribusikan serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.

Kegiatan pemasaran ada 3 macam   
  1. Produksi 
  2.  Distribusi(pemasaran)
  3. pemasaran 
Unsur-unsur pokok dalam kegiatan pemasaran :
  1. pemasar
  2. Barang dan jasa
  3. pasar  
  4. Proses pertukaran
Konsep-konsep pemasaran : 
1.     Konsep produksi (konsumen hanya membeli produk dengan harga yang murah, tergantung pada biaya) 
2.     Konsep produk (konsumen hanya menyukai produk itu sendiri dan prosuk yang berkualitas) 
3.     Konsep penjualan (konsumen menyukai produk yang penjulannya dilakukan secar intensif/ secara besar-besaran 
4.     Konsep pemasaran (hanya tertuju bahwa produk tersebut dapat memuaskan kebutuhan konsumen) 
5.     Konsep pemasaran yang memasyarakat/sosial (tujuannya meningkatkan kualitas hidup konsumen)  
6.     Konsep pasar (konsumen hanya menyukai produk yang unggul di pasar) 

Fungsi pemasaran ada 3 :
·         Fungsi pertukaran meliputi pembelian dan penjulan (memperkenalkan produk)
·         Fungsi penyediaan fisik meliputi pengangkutan dan penyimpanan
·         Fungsi penunjang meliputi pembelanjaan, penanggung resiko, standarisasi barang, grading (tingkat kualitas).

Perilaku Konsumen  adalah tingkah laku atau perilaku manusia yang menyebabkan terciptanya permintaan pasar .
model dan perilaku pembeli adalah proses terbentuknya pengambilan keputusan oleh pembeli

Pasar konsumen:
“Semua individu dan rumah tangga yang membeli atau memperoleh barang dan jasa
untuk konsumsi pribadi “

Tingkah laku membeli konsumen:
“Perilaku membeli konsumen akhir (individu dan rumah tangga) yang membeli barang
serta jasa untuk konsumsi pribadi. “

Pengidentifikasian Segmen Pasar :
  1. Variabel Geografis, unit geografis yang bisa dipertimbangkan dalam  mengembangkan satu strategi segmentasi
  2. Variabel Demografis, menggambarkan populasi dengan mengidentifikasi ciri-ciri tertentu seperti usia, pendapatan, gender, latar belakang etnis, status perkawinan, ras, agama, dan kelas sosial
  3. Variabel Psikografis, seperti gaya hidup, minat, dan sikap
  4. Variabel Perilaku, merujuk kepada cara konsumen menggunakan produk, manfaat yang mereka harapkan, alasan mereka membelinya, dan kesetiaan mereka terhadap produk tersebut.
Bauran pemasaran  adalah gabungan strategi produk ,penetapan harga,promosi dan distribusi yang
digunakan untuk memasarkan produk.
  1. Produk, pemasaran dimulai dengan produk-barang, jasa, atau gagasan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan konsumen. Diferensiasi produk adalah penciptaan ciri atau citra yang membuat produk berbeda dari para pesaing.
  2. Penetapan harga, strategi menyeleksi harga yang tepat untuk menjual produk.
  3.  Distribusi, berhubungan dengan membawa produk dari produsen kepada konsumen
  4. Promotion, merujuk pada teknik mengkomunikasikan informasi tentang  produk dan juga mencakup periklanan.
 Pengertian Produk
Produk adalah setiap apa saja yang bisa ditawarkan di pasar untuk mendapatkan perhatian, permintaan, pemakaian atau konsumsi yang dapat memenuhi keinginan atau kebutuhan.

Produk Inti (Core Product)
Disini harus diketahui apa sebenarnya yang dibutuhkan oleh  konsumen. Setiap produk tentu memiliki manfaat serta ciri-ciri tertentu.
Dalam hal ini penjual harus dapt menjual manfaat tersebut dan bukan cirri-ciri  produk. Produk inti ini terdiri unsure .
Suatu contoh :  
  •    Konsumen membeli panasa bukan gas.
  •   Wanita membeli kecantikan bukan kosmetik
  • Nasabah membeli nasabah bukan deposito
 .Produk Berwujud (Tangible Product)  
Perusahaan harus berusaha untuk mengubah produk ini menjadi produk berwujud (tangible product). Misalnya computer, buku.
 Dalam produk berwujud ini terdapat 5 ciri yaitu :
a. Tingkat Mutu Produk
b. Model
c. Merk Produk
d. Cirri-Ciri Produk
e. Kemasan (Pembungkus) 

http://www.scribd.com/doc/13564847/Perilaku-konsumen
           


No comments:

Post a Comment